Tiga Tahun, Walhi Jabar Terima 40 Komplain Warga Tentang KBU

Bandung Raya | Sabtu, 11 April 2015 | 14:52 WIB

Selama 3 tahun ini, Wahana Lingkungan Hidup (walhi) Jawa Barat menerima 40 komplain dari masyarakat terkait pembangunan di kawasan Bandung Utara (KBU). Dari jumlah tersebut, 17 diantaranya berada di wilayah Kota Bandung.
“Ada 40 kasus yang masuk ke kita selama 3 tahun ini. Paling banyak dari Bandung. Dari 40 kasus, 17 diantaranya berasal dari Bandung,” ujar Direktur Walhi Jabar, Dandan Ramdan, usai dialog interaktif yang digagas PRFM dan AJI Bandung di Jalan Braga, Sabtu (11/4/2015).
Kasus tersebut diantaranya berupa komplain pembangunan yang menghilangkan mata air, amdal (analisis dampak lingkungan) yang tidak terinformasikan, belum mendapat rekomendasi dan izin sudah membangun, atau yang harusnya mendapatkan rekomendasi, tapi kenyataannya tidak.
“Wilayah KBU itu mencapai 38.000 hektar yang terbagi dalam 4 wilayah administratif pemerintahan yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi. Kota Bandung hanya memiliki luas 3100 hektar,” ungkap Dadan.

Meski luasannya kecil dibandingkan daerah lain, namun komplain soal pembangunan KBU ini paling banyak dari Kota Bandung. Karena itulah, diharapkan Dadan adanya sanksi administrasi hingga pencabutan dan pembongkaranā€ˇ bagi mereka yang melanggar.

Yeni Siti Apriani
Galamedia

Posted in Berita.

bocin