Di sela rutinitas peliputan, jurnalis pun berdemo pada momen May Day

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Laisa Khoerun Nissa
BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID – Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Bandung ikut berdemo di depan Gedung Sate, Jumat (1/5). Para jurnalis dari berbagai media massa yang ada di Bandung turut menyuarakan tuntutannya.
“Jurnalis juga bagian dari buruh. Kami ucapkan selamat Hari Buruh kepada kawan-kawan semua,” kata Ketua AJI Bandung, Adi Marsiela, di sela aksi.
Pihaknya menilai jika dulu ancaman terhadap kebebasan pers dilakukan oleh negara, saat ini ancaman kebebasan pers justru berada dari dalam industri media itu sendiri.
Posisi tawar jurnalis yang buruk karena tidak berserikat membuat pemilik media bisa semena-mena dalam hal kesejahteraan jurnalis atau pekerja media secara umum.
“Pesan untuk bos kami, lakukan upah sektoral, berlakukan sistem kontrak yang jelas, standar kerja yang jelas. Tolong juga penuhi hak-hak jurnalis perempuan,” kata Adi.
Ia pun meminta rekan-rekan jurnalis untuk segera membentuk serikat pekerja. Dengan begitu, hak para jurnalis bisa terpenuhi.
“Untuk teman-teman jurnalis, segera bentuk serikat pekerja di perusahaan masing-masing. Saat ini dari sekian banyak perusahaan media baru 38 di antarnya yang telah memiliki serikat pekerja,” ujarnya. (*)

http://jabar.tribunnews.com/2015/05/01/di-sela-rutinitas-peliputan-jurnalis-pun-berdemo-pada-momen-may-day

Posted in Berita and tagged , , .